Dukung Arus Mudik 2022, SAR Denpasar Siagakan Ratusan personil

Senin, 25 April 2022 16:40 WIB

Share
Tim SAR Denpasar siaga mengawal Mudik Lebaran 2022 (FOTO/SA)
Tim SAR Denpasar siaga mengawal Mudik Lebaran 2022 (FOTO/SA)

DENPASAR, Bali.poskota.co.id

Kantor SAR Denpasar siagakan ratusan personil guna ikut serta mengamankan arus mudik 1443 Hijriyah atau tahun 2022 ini. Selain personil, SAR Denpasar juga siapkan kendaraan evakuasi serta ikut serta mendirikan posko di beberapa titik fokus wilayah yang dilalui oleh para pemudik.

Kepala SAR Denpasar Gede Darmada pada gelar apel, Senin (25/4/2022) mengatakan, dalam pelaksanaan siaga SAR Khusus Lebaran tahun 2022/ 1443 H kali ini akan sangat berbeda dengan tahun sebelumnya dimana Pemerintah telah memperbolehkan kembali mudik Lebaran tahun 2022.

Membludaknya pemudik diprediksi akan terjadi mengingat telah 2 kali tidak diperbolehkannya mobilisasi "pulang kampung" menjelang Idul Fitri karena pandemi covid 19. Disamping itu Pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 serta cuti bersama Idulfitri pada 29 April, 4, 5, 6 Mei 2022.

"Kehadiran Basarnas dalam rangka siaga SAR Khusus Lebaran ini untuk mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi," terangnya.

Dirinya menambahkan, dalam menjalankan tugasnya, Basarnas tetap bersinergi dengan Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Pemerintah Daerah, Pengelola Jalan Tol, RS Rujukan dan Kementerian atau lembaga terkait demi terwujudnya pelayanan SAR yang optimal kepada para pemudik, dengan prinsip Quick Response SAR.

Sebanyak 135 orang terlibat dan pada titik-titik yang dianggap rawan terjadi kecelakaan dan pusat keramaian.

"Personil ditempatkan di Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padangbai, Pelabuhan Benoa, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Pelabuhan Sampalan Nusa Penida dan mobiling ke objek-objek wisata," ungkapnya.

Untuk mengoptimalkan pemantauan di pelabuhan, Basarnas Bali mendirikan posko SAR, sementara itu di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, tim rescue bergabung dalam Posko bersama dengan stakeholder. Siaga SAR Khusus ini akan berlangsung selama 21 hari, terhitung sejak tanggal 22 April dan akan berakhir pada tanggal 12 Mei 2022.

Dalam sambutannya yang disampaikan kepada seluruh petugas SSK Lebaran melalui zoom meeting, Kabasarnas, Marsdya TNI Henri Alfiandi menekankan 6 poin penting yakni tetap menjaga Protokol kesehatan dengan konsisten menerapkan 3 M;

Halaman
Reporter: Admin Bali
Editor: Admin Bali
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler