Tinjau Pelabuhan Gilimanuk, Kapolri Pastikan Arus Mudik DI Bali Lancar

Kamis, 28 April 2022 20:41 WIB

Share
Tinjau Pelabuhan Gilimanuk, Kapolri Pastikan Arus Mudik DI Bali Lancar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk (FOTO/SA)

GILIMANUK,Bali.poskota.co.id

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut, bahwa arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk berdasarkan data lebih banyak yang meninggalkan Pulau Bali menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur ketimbang sebaliknya.

"Memang arus mudik di wilayah Gilimanuk ini lebih banyak yang meninggalkan Pulau Bali menuju Ketapang Banyuwangi dibanding dengan yang masuk Bali. Rata-rata saya tanya, sehari-hari bekerja di Bali," ujarnya meninjau pelaksanaan mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Kamis (28/4/2022).

Jenderal bintang empat ini menambahkan, bahwa secara umum terjadi peningkatan arus kendaraan yang melalui pelabuhan paling ujung barat pulau Bali ini.

Meskipun tidak berbeda jauh dengan kondisi normal. Berdasarkan otoritas setempat diketahui kapal yang disiapkan untuk melayani para pemudik yaitu sebanyak 46 kapal dengan efektivitas yang digunakan saat ini sebanyak 28-29 kapal.

"Kita harapkan proses masuk kapal kemudian perjalanan hingga turun memang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang disampaikan sehingga semua berjalan baik," imbuh mantan Kabareskrim Polri ini.

Kendati banyaknya masyarakat yang meninggalkan pulau Bali untuk mudik, akan tetapi ada peningkatan kunjungan wisatawan menjelang libur lebaran. Berdasarkan laporan yang diterima terdapat peningkatan hunian akomodasi sebesar 53 persen.

"Kemungkinan angka ini bertambah mendekati Idul Fitri. Hal ini lantaran Bali menjadi salah satu destinasi tujuan wisata masyarakat yang menghabiskan libur Lebaran," katanya lagi.

Namun, pihaknya tetap meminta kepada seluruh stakeholder di Bali mempersiapkan lonjakan wisatawan pada saat libur Lebaran, dari prokes hingga keamanan wisatawan.

"Kita semua harus mempersiapkan dari mulai prokesnya kemudian bagaimana masyarakat melaksanakan wisata di Bali bisa aman dan pasca wisata kita menjaga COVID-19 tetap terkendali,". Tegasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, hingga H-4 ldul Fitrih 1443 Hijriyah atau tahun 2022, kendaraan yang keluar dari Bali melalui pelabuhan Gilimanuk, Jembrana didominasi oleh kendaraan roda dua, disusul oleh kendaraan roda empat pribadi dan angkutan umum serta ekspedisi.

PT ASDP Gilimanuk, Jembrana  menyiapkan fasilitas yang ada di pelabuhan untuk mendukung pelayanan arus mudik lebaran 2022. Misalnya pihaknya mengoptimalkan tujuh dermaga yang dimiliki diantaranya tiga dermaga Movile Bridge (MB), tiga satu dermaga ponton, dan tiga dermaga Landing CRAF Machine (LCM).

Sementara untuk fasilitas kapal, pihaknya setidaknya menyiagakan sekitar 42 unit. Empat masih dalam proses Doking. Namun, setiap harinya dalam 24 jam disediakan setidaknya 28 armada kapal yang Standby. Artinya, setiap dermaga terdapat tujuh kapal yang siap melayani para pemudik.

Hingga berita ini ditulis, tercatat setidaknya sebanyak 1700 orang pejalan kaki, 6000 kendaraan roda dua, 3400 kendaraan roda empat pribadi serta 465 kendaraan truk.

"Untuk H-7 sementara kami catat total ada sekitar 2600 penumpang yang menggunakan kendaraan angkutan umum bus maupun travel". Tutup Djumadi selaku Manager Operasional PT ASDP Gilimanuk. (*/SA)

Reporter: Admin Bali
Editor: Admin Bali
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler