Penting Dipahami, Ini Kelebihan dan Cara Memasang Televisi Digital

Jumat, 17 Juni 2022 14:47 WIB

Share
Penting Dipahami, Ini Kelebihan dan Cara Memasang Televisi Digital
Ilustrasi TV Digital (FOTO/Ist)

DENPASAR, Bali.poskota.co.id

Sebagai teknologi baru, TV digital tentu saja belum dipahami secara oleh masyayarakat luas. Bagaimana membedakan TV digital dan TV analog, sangat penting dipahami sebelum memilikinya. TV yang berkemampuan digital biasanya sudah dilengkapi dengan recorder DVB-T2 (Digital Video Broadcasting Terrestrial Second Generation). Dengan fitur ini, TV berkemampuan mengirimkan layanan audio, video, dan data ke perangkat tetap, portable, dan seluler dengan mudah.

Dikutip dari berbagai sumber, inilah cara terbaik yang dapat dijadikan panduan para pengguna Televisi untuk mulai mengoperasikan TV digital ataupun TV analog yang bermigrasi ke TV digital.

Kelebihan TV Digital

Setelah memahami ciri-ciri TV digital, berikutnya perlu diketahui berbagai kelebihan TV digital dibanding TV analog. Secara umum, kelebihan TV digital dibanding TV analog adalah cara penangkapan sinyal yang lebih baik.

Dengan kemampuan tersebut, TV digital memiliki kelebihan lain, seperti:

  • Kualitas gambar yang lebih jernih dan lebih nyaman dilihat. Tidak ada tampilan buram semut seperti TV analog.
  • Tv digital mampu menerima siaran TV dalam kondisi bergerak. Sedangkan TV analog biasanya akan membuat gambar dengan bayangan pada layar saat menangkap TV bergerak.
  • TV digital juga mampu mengurangi efek noise lebih baik. Dengan begitu, tak hanya tampilan gambar yang lebih jernih tetapi suara yang dihasilkan TV digital juga lebih baik dan dapat terdengar dengan jelas.
  • TV digital dapat menangkap dan menampung banyak siaran dalam satu paket. Kemampuan ini didapat dari penggunaan bandwidth pada TV digital yang tidak sebesar TV analog. Dengan begitu, Anda bisa menonton dan menikmati tayangan yang lebih beragam dari berbagai channel.

Berbagai kelebihan TV digital tersebut karena secara teknis, TV digital sudah menggunakan teknologi yang lebih maju dan canggih dibandingkan TV analog. Tentu ini akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk menikmati berbagai tayangan TV dengan tampilan dan suara yang lebih berkualitas.

Cara Memasang TV Digital

Setelah mengetahui ciri-ciri TV digital dan berbagai kelebihannya, terakhir akan dijelaskan bagaimana cara memasang perangkat TV digital di rumah Anda. Terdapat dua cara memasang TV digital yang bisa Anda praktikkan.

Cara pertama ditujukan jika Anda sudah memiliki TV digital yang telah terpasang tuner dari bawaan pabrik. Cara kedua ditujukan jika TV Anda belum dilengkapi dengan tuner, sehingga Anda membutuhkan alat tambahan yang dapat menghubungkan TV Anda pada siaran digital, yaitu set top box. Berikut penjelasannya.

Cara memasang TV digital yang sudah terpasang tuner:

  • Pasang terlebih dahulu antena UHF tipe di dalam maupun di luar ruangan sesuai kebutuhan Anda.
  • Hubungkan kabel antena langsung ke pesawat televisi tanpa memakai booster.
  • Nyalakan TV LED (built in tuner DVB-T2) lalu masuk ke menu pencarian saluran.
  • Pilih pindai otomatis agar televisi bisa melakukan pencarian channel secara otomatis.
  • Tunggu beberapa saat hingga selesai 100 persen.
  • Setelah proses selesai, TV LED akan menyimpan channel secara otomatis dan bisa segera Anda nikmati.

Cara memasang TV digital dengan set top box:

Halaman
1 2
Reporter: Admin Bali
Editor: Admin Bali
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar