Sebagai Penyelenggara MUX, TVRI Denpasar Sosialisasikan Pemasangan Set Top Box dengan Cara Unik

Senin, 20 Juni 2022 09:26 WIB

Share
Sebagai Penyelenggara MUX, TVRI Denpasar Sosialisasikan Pemasangan Set Top Box dengan Cara Unik
Kepala Stasiun (Kepsta) TVRI Denpasar, Ketut Leneng saat ditemui bali.poskota.co.id di ruang kerjanya pada Jumat 17 Juni 2022. (FOTO/Edo)

DENPASAR, Bali.poskota.co.id

Sebagai salah satu penyelenggara Multipleksing (MUX), di Bali, TVRI Stasiun Denpasar tunjukan tanggungjawab terkait sosialisasi pemasangan dan penggunaan set top box bagi masyarakat pengguna siaran televisi analog. TVRI Denpasar menempuh cara unik untuk melakukan sosialisasi dengan membagikan gratis beberapa unit set top box dengan jumlah terbatas, yang dibeli oleh TVRI secara inisiatif, mengingat TVRI Pusat masih memproses anggaran pembelian set top box dimaksud pada APBN tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Kepala Stasiun (Kepsta) TVRI Denpasar, Ketut Leneng saat ditemui bali.poskota.co.id di ruang kerjanya pada Jumat 17 Juni 2022.

‘Jadi, selama ini kami memang sudah pernah membeli beberapa set top box yang kami sumbangkan ke masyarakat. Tetapi itu sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. Misalnya beberapa waktu lalu kami menyelenggarakan kuis kepada pemirsa TVRI Denpasar dan salah satu hadiah bagi pemenang kuis kami berikan set top box sebagai hadiah,’ ujar Leneng.

Dijelaskan, pihaknya memang pernah membeli sekitar 50 unit set top box yang disumbangkan kepada masyarakat pengguna siaran televisi analog di beberapa kabupaten di Bali, hanya sebagai promosi dan sosialisasi saja.

Teknisnya, kata dia, Tim Marketing TVRI Denpasar memberikan set top box kepada masyarakat yang memenangkan acara kuis di TVRI Denpasar dan tim teknisi dari TVRI Denpasar turun langsung memandu cara pemasangan set top box yng diberikan.

Saat itu juga dilakukan uji coba langsung oleh masyarakat pemenang kuis, yang masih menggunakan televisi dengan siaran analog. Saat itu juga dilakukan simulasi pemasangan set top box dan pengguna juga langsung menyaksikan siaran. Tujuannya agar masyarakat yang tadinya menggunakan siaran TV analog, setelah menggunakan set top box bisa membandingkan bagaimana kualitas gambar di layar televisi.

Masyarakat akhirnya tau bahwa kualitas gambar yang tampil pada layar TV yang tadinya menggunakan siaran analog, setelah dipasangi set top box, gambarnya lebih bagus. Demikian juga terhadap pilihan chanel siaran lebih berfariasi ketika menggunakan set top box.

‘Kami sudah lakukan uji coba seperti itu antara lain di Abian Semal kabupaten Badung, di kabupaten Gianyar dan Kabupaten Karangasem juga beberapa daerah lain. Nah, kami juga meminta testimoni masyarakat yang sudah lakukan uji coba dan disiarkan sebagai berita di TVRI Denpasar,’ ujarnya. 

Jadi intinya menurut Leneng, TVRI Denpasar sudah siap, namun masih menunggu anggaran dan instruksi dari TVRI Pusat. ‘Kalau itu sudah turun ya kami sudah siap menindaklanjuti tentunya dengan back up data penduduk miskin dari Dinas Sosial Provinsi Bali. Kalau yang sudah kami lakukan sekarang ini memang selektif karena merupakan inisiatif TVRI Denpasar sebagai pemegang MUX,’ kata Leneng.

Halaman
1 2
Reporter: Admin Bali
Editor: Admin Bali
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar