Menkominfo Pastikan Mei 2023, Satelit HBS Diluncurkan Dari Florida AS

Jumat, 12 Agustus 2022 19:35 WIB

Share
Menkominfo Pastikan Mei 2023, Satelit HBS Diluncurkan Dari Florida AS
Menkominfo Johnny G. Plate foto bersama President of Boeing Commercial Satellite International System Ryan Reid usai pertemuan di Los Angeles, Amerika Serikat, Senin (25/7/2022 waktu setempat. Dalam pertemuan itu, Menteri Jhonnya memastikan operasi komersial HBS tepat waktu || Foto: Kominfo.

JAKARTA,Bali.poskota.co.id -

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny mG. Plate mengadakan pertemuan dengan Boeing, SpaceX, dan Hughes Network System (HNS) di Los Angeles, Amerika Serikat, Senin (25/7) waktu setempat atau Selasa (26/7) waktu Indonesia.

Dalam pertemuan yang berlangsung berurutan itu, Menkominfo hendak memastikan operasi komersial Hot Backup Satellite (HBS) yang pembuatan dan peluncurannya melibatkan tiga perusahaan berlangsung sesuai dengan jadwal.

Menkominfo dalam pertemuan itu didampingi Dirut Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kemkominfo Anang Latif, Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo Ismail, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kansong, Direktur Utama Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Adi Rahman Adiwoso. PSN adalah perusahaan swasta yang bekerja sama dengan Bakti Kemkominfo dalam pengadaan satelit.

Setelah pertemuan, Menteri Johny menyatakan optimismenya jadwal peluncuran dan operasi komersialHBS berlangsung tepat waktu. Menkominfo juga optimistis pandemi COVID-19 dan situasi geopolitik tidak menghalangi proses transformasi digital Indonesia melalui pengadaan satelit.

Satelit HBS sebagai bentuk kerjasama antara Kemkominfo dan pihak swasta ini berkapasitas 160 giga bits per second. Sebesar 80 giga bits per second akan dipakai pemerintah, 70 giga bits per second untuk swasta nasional dan 10 giga bits per second untuk negara-negara ASEAN. Satelit ini didukung 18 stasiun bumi di 14 lokasi (gateway). Gateway utama ada di Cikarang, Jawa Barat.

Menteri Johny bertemu dengan President of Boeing Commercial Satellite International System Ryan Reid dan sejumlah eksekutif Boeing di kantor Boeing di El Segundo, Los Angeles. Menkominfo dan rombongan berkesempatan melihat kemajuan pembuatan HBS di pabrik Boeing.

"Boeing mengonfirmasi satelit diluncurkan awal Mei 2023 dan commercial operation September 2023," ungkap Menteri Johny belum lama ini.

Di SpaceX, Menkominfo bertemu dengan Vice President, Mission Management, Jessica Jensen, dan Vice President, Commercial Sales, Tom Ochinero di markas Space X di Hawthorne, California.

Menkominfo berkesempatan meninjau pabrik pembuatan roket SpaceX.  "SpaceX mengonfirmasi kesiapan peluncur Falcon 9 untuk mengorbitkan HBS sesuai jadwal, yakni awal Mei 2022 di Cape Canaveral, Florida," kata Menkominfo Johnny Plate.

Halaman
Reporter: Admin Bali
Editor: Admin Bali
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar