Lomba Layang-layang ‘Denpasar Kite Festival Ke-6 tahun 2022’ Kembali Digelar di Sanur

Kamis, 25 Agustus 2022 18:09 WIB

Share
Salah satu layang-layang yang menarik perhatian masyarakat pada lomba layang-layang tahun sebelumnya. (FOTO/dok)
Salah satu layang-layang yang menarik perhatian masyarakat pada lomba layang-layang tahun sebelumnya. (FOTO/dok)

DENPASAR, Bali.poskota.co.id -

Langit Pantai Mertasari, Sanur, bakal dihiasi ratusan layang-layang tradisional Bali berukuran raksasa selama dua hari yakni Sabtu 27 dan Minggu 28 Agustus 2022.

Persatuan Layang-layang Indonesia (Pelangi) Kota Denpasar akan kembali menggelar lomba layang-layang tradisional Bali tahun 2022. Lomba tersebut bertajuk Denpasar Kite Festival Ke-6 tahun 2022 yang digelar selama dua hari Sabtu dan Minggu, 27-28 Agustus 2022 bertempat di Pantai Mertasari, Sanur Kauh, Denpasar Selatan.

Dengan mengambil tema "Tejaning Urip" yang mengandung makna Cahaya Kehidupan, Denpasar Kite Festival kembali digelar setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Ini adalah angin segar bagi pelayang di Kota Denpasar dan Bali pada umumnya.

Pelangi Denpasar dikukuhkan secara resmi pada tahun 2014 oleh Walikota Denpasar saat itu Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE., M.Si bertempat di Gedung Sewaka Dharma Denpasar. Dalam kesempatan tersebut, I Wayan Mariyana Wandhira, ST dikukuhkan dan dilantik secara resmi sebagai Ketua Umum Pelangi Denpasar hingga saat ini.

Denpasar Kite Festival pertama kali melaksanakan lomba layang-layang pada tahun 2015 bertempat di Pantai Padanggalak Denpasar Timur. Event pertama Pelangi Denpasar sukses terlaksana dan diikuti kurang lebih 800 layangan yang melombakan layangan tradisional Bali terdiri dari Layangan Bebean, Layangan Pecukan, Layangan Janggan dan Layangan Kreasi.

"Astungkara tahun ini kembali dapat menggelar lomba layang-layang setelah vakum dua tahun akibat pandemi. Lomba ini seperti pelepas dahaga bagi pelayang di Kota Denpasar," kata Wandhira saat ditemui pada Rabu, 24 Agustus 2022.

Denpasar Kite Festival ke-6 tahun 2022 dibagi menjadi dua kategori yaitu Kategori Remaja dan Kategori Dewasa. Jenis layangan pun beraneka ragam mulai dari Layangan Bebean, Layangan Pecukan, Layangan Janggan, Layangan Kreasi dan Layangan Janggan Buntut.

Ada pula yang menarik dan patut disaksikan yaitu Layangan Janggan Buntut Big Size dan Layangan Bebean Big Size. Dari nama saja sudah Big Size, artinya layangan tersebut berukuran besar dengan bentang sayap 6 meter keatas. Bahkan ada layangan yang memiliki lebar bentang sayap 10 meter. Ini adalah keunikan tradisi budaya Bali. (*/E-49)

Reporter: Admin Bali
Editor: Admin Bali
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler