Laju Inflasi di Bali Masih Terkendali, Pemprov Akan Lakukan Operasi Pasar

Senin, 19 September 2022 11:37 WIB

Share
Laju Inflasi di Bali Masih Terkendali, Pemprov Akan Lakukan Operasi Pasar
Gubernur Bali, Wayan Koster (FOTO/ist)

DENPASAR,Bali.poskota.co.id -

Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) menimbulkan inflasi yang mempengaruhi perekonomian masyarakat di Bali, khususnya dalam hal kenaikan harga bahan pokok.

Menanggapi kenaikan harga-harga bahan pokok seperti harga pangan yang terjadi, Gubernur Bali Wayan Koster yang ditemui pasca melakukan sidang paripurna di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali pada hari Jumat, (16/9/2022) menegaskan, pemerintah Provinsi Bali telah menmpuh langkah-langkah antisipasi untuk mengendalikan laju inflasi akibat kenaikan harga BBM.

Gubernur Koster menyebutkan bahwa inflasi yang tengah terjadi di Indonesia khususnya di Bali sudah dibahas dalam rapat koordinasi bersama Presiden Joko Widodo.

Ia berpendapat bahwa inflasi pada sektor pangan memiliki dampak positif terhadap petani, namun ia juga melihat bahwa jika terlalu tinggi kenaikan harga pangan dampaknya tidak baik bagi masyarakat, sehingga Pemprov Bali akan membuat skema untuk menanggulangi permasalahan inflasi tersebut.

"Inflasi kan satu sisi ada positifnya untuk petani, tapi jika terlalu tinggi juga tidak baik. karena itu, harus dibuat pertimbangan antara harga dengan daya beli masyarakat, supaya tetap terjangkau, hal itu sekarang sedang diatur, sudah ada rapat kordinasi dengan bapak presiden, dan untuk di Provinsi sedang disusun skemanya oleh sekda," ujar Koster saat ditemui pasca sidang paripurna di DPRD Provinsi Bali.

Lebih lanjut Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan bahwa kali pertamanya Bali mengalami inflasi yang angkanya diatas inflasi Nasional.

Juga ia mengatakan bahwa terdapat upaya-upaya yang akan dilakukan oleh Pemprov Bali dalam menangani permasalahan inflasi di sektor pangan tersebut.

Ia memberi contoh akan melakukan program operasi pasar, dan akan memberikan bantuan sosial seperti pembagian sembako kepada masyarakat di Bali.

"Untuk pertama di Bali inflasi di atas Nasional, dalam waktu dekat akan dilakukan program operasi pasar, bantuan-bantuan juga sedang diproses, dan akan ada pembagian sembako yang dilakukan," pungkasnya sebelum memasuki mobil dinas yang menjemputnya.(*/BK)

Reporter: Admin Bali
Editor: Admin Bali
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar