Abaikan Asas Berita Berimbang, Oknum Wartawan liputankepri.com Diadukan ke Dewan Pers

Sabtu, 24 September 2022 14:29 WIB

Share
Ilustrasi (FOTO/Ist)
Ilustrasi (FOTO/Ist)

LABUAN BAJO, bali.poskota.co. id –

Oknum wartawan liputankepri.com, Kordi Lado diadukan ke Dewan Pers atas tulisannya dalam berita berjudul "Soal Dugaan Tambang Ilegal, Oknum Wartawan Ancam Wartawan Saat Liputan, Ada Apa...?" yang dimuat liputankepri.com pada Senin, 19 September 2022.

Dalam berita tersebut, Kordi Lado menulis bahwa dirinya mendapat ancaman dari wartawan bali.poskota.co.id terkait dugaan tambang illegal di Manggarai Barat. Dalam berita tersebut, ia juga menulis bahwa menuding wartawan bali.poskota.co.id, Rio memback aktivitas galian  c salah satu lokasi di Manggarai Barat.

Namun Rio yang disebut dalam berita tersebut menyatakan keberatan lantaran apa yang ditudingkan oleh Kordi Lado dalam berita tersebut tidak berdasar.  Parahnya lagi, Kordi Lado tidak mengindahkan asas praduga tak bersalah dengan menyebut jelas nama Rio yang seharusnya ditulis dengan inisial karena apa yang ditudingkan kepadanya hanyalah opini penulis.

Kordi lado juga tidak mengindahkan perinsip berita berimbang atau yang disebut news balancing yang diwajibkan dalam Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers no.4 tahun 1999, dimana seorang wartawan harus bersikap obyektif terhadap berita yang ditulisnya dan wajib melakukan konfirmasi.

Dalam klarifikasinya pada Kamis 22 September 2022, Rio menegaskan ia segera mengadukan perihal tersebut ke Dewan Pers.

Tidak hanya ke Dewan Pers, Rio bahkan sudah mempersiapkan langkah hukum dengan melaporkan ke Polres Mabar terkait dugaan pencemaran nama baik yang telah dilakukan Kordi Lado sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 11 tahun 2008 tentang transaksi elektronik atau yang disebut UU ITE.

Berikut kutipan lengkap klarifikasi dari Rio terkait berita yang ditulis Kordi Lado.

Dalam edisi berita yang terbit pada Senin, 19 September 2022, Kordianus Lado dengan menyebut nama secara terang lewat berita yang ditulisnya menuduh wartawan bali.poskota.co.id memback up aktivitas galian C disalah satu lokasi di Mabar.

Terkait dengan pemberitan yang dibuat oleh salah satu meda online dengan judul " Soal Dugaan Tambang Ilegal, Oknum Wartawan Ancam Wartawan Saat Liputan, Ada Apa...?" yang dimuat oleh media Liputankepri.com.

Halaman
Reporter: Admin Bali
Editor: Admin Bali
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar