Miris, Kasus Dugaan Penipuan Oleh Travel Agent Kembali Terjadi di Labuan Bajo
Rabu, 12 Oktober 2022 05:57 WIB
Share
Timothy Smith korban dugaan penipuan travel agent didampingi John Apong pengurus AWSTAR saat melapor ke Polres Mabar. (FOTO/Rio/Poskota)

LABUAN BAJO, bali.poskota.co.id –

Kasus dugaan penipuan oleh travel agent kembali terjadi menimpa warga negara asing yang hendak berwisata ke Labuan Bajo. Kali ini korbannya adalah Timothy Smith dan isterinya Eva Agus Smith warga negara Amerika.

Ditemui di Polres Manggarai Barat, kedua korban didampingi oleh pengurus Asosiasi Angkutan Wisata Darat (Awstar) John Apong menjelaskan bahwa kronologis kejadian ini berawal ketika Timothy Smith membooking program trip 2 malam 3 hari ke Labuan Bajo pada 02 Oktober 2022 melalui Website dengan nama travel agent wisata kelabuanbajo.com. setelah sepakat negosiasi harga kemudian korban Timothy membayar dengan mengunakan via transfer melaui Bank BCA senilai 5 juta rupiah ke rekening terduga pelaku.

Apesnya begitu tiba di Bandara Udara Komodo pada Jumat, 07 Oktober 2022 untuk memulai tournya, Timothy dan Isterinya Eva tidak dijemput oleh travel agent wisata kelabuanbajo.com. Mereka menunggu hingga 2 jam di Bandara tapi tak kunjung dijemput juga. Mereka merasa ditipu dan diterlantarkan oleh perusahan tersebut.

John Apong yang sedang berada di Bandara Komodo, melihat kedua tamu wisatawan asing ini sedang menunggu jemputan sudah 2 jam lamanya. Ia pun mencoba menghampiri kedua wisatawan asal Amerika ini dan menanyakan siapa yang  hendak menjemput mereka. Timothy dan isterinya menjawab bahwa mereka sudah ada perusahan yang jemput.

"Mereka menunjukan nama perusahan. Dan saya mencoba membantu untuk menghubungi melalui telepon, namun tidak aktif dan hanya ada voice mail. Saya mencoba beberapa kali kontak tapi tidak aktif," ujarnya.

Karena merasa dirinya jadi korban penipuan oleh travel agent akhirnya, Timothy dan Eva memutuskan untuk melapor hal ini ke Polres Manggarai Barat pada Jumat, 07 Oktober 2022  dengan nomor laporan LP/B/266/X/2022/SPKT/Polres Mabar.

Eva sebagai pelapor melaporkan peristiwa tentang dugaan tindak pidana penipuam online pasal 28 UU ITE. Terkiat laporan tersebut Polres Mabar belum memberikan konfirmasi. (*/Rio)

Reporter: Admin Bali
Editor: Admin Bali
Sumber: -